SH Sarundajang, Gubernur Sulut
KABAR MANADO - Meluasnya konflik agraria, terutama pertanahan di berbagai daerah, mendorong Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI untuk berinisiatif membuat rancangan undang undang (RUU) tentang pertanahan, sebagai solusi atas permasalahan tumpang tindih peraturan maupun hal-hal lain yang terkait dengan praktik keagrariaan di negeri ini.

Dalam rangka menyerap masukan terkait RUU tersebut, Komite Satu DPD RI di bawah pimpinan Benny Ramdhani selaku wakil ketua komite sekaligus pimpinan rombongan, Kamis (25/6) mengunjungi provinsi Sulut.

Agenda pertama tim Komite Satu yakni menggelar pertemuan dengan Gubernur Sinyo Harry Sarundajang (SHS), Wagub Djouhari Kansil sertas Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan pejabat di lingkup Pemprov Sulut.

Setibanya di kantor Gubernur, tim komite satu DPD RI itu disambut oleh Gubernur dan Wagub. Suasana akrab pun tampak tercipta di antara mereka, apalagi antara SHS dengan Brani, sapaan akrab Benny Ramdhani, mantan anggota DPRD Sulut yang dikenal dekat dengan SHS, semenjak Pemilihan Gubernur 2010, dimana Brani saat itu menjadi satu-satunya anggota Fraksi PDI Perjuangan yang mendukung SHS yang dicalonkan Partai Demokrat.

"Saya perlu informasikan ke teman-teman, Pak Gubernur ini adalah guru politik saya. banyak hal yang saya petik dari beliau," ungkapnya, disambut tepuk tangan ratusan peserta rapat.

Menurut dia, masalah agraria di negeri ini tak akan pernah selesai selama peraturan perundang undangan yang ada tumpang tindih, di mana masing-masing sektor punya aturan sendiri yang tentu tidak selaras dengan peraturan lainnya, sehingga posisi UU Pokok Agraria tak bisa menjadi payung yang jelas. Celah hukum inilah yang menurut Brani sering dimanfaatkan oleh para mafia pertanahan di negara ini.


"Kami belum lama ini melakukan studi banding di Tionghok, ternyata di negeri yang menganut paham komunis itu, status tanahnya dikenal hanya tanah milik negara dan tanah milik kolektif petani," ungkapnya. (rbs/tm)

Posting Komentar

picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} Kabar Manado adalah pusat informasi Berita terkini seputar Sulawesi utara {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.