Penyerahan buku Bayang-Bayang Degradasi kepada kepada Asisten II Pemkab MInut, Drs Allan Mingkid
Airmadidi- Potret wajah lingkungan Sulawesi Utara yang berada dalam bayang-bayang degradasi sangat jarang menghiasi lembaran surat kabar atau konten di media massa.
Ini menjadi satu kegelisahan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Manado tentang sejauh mana kontribusi jurnalis dan media dalam mengangkat isu lingkungan dengan porsi bisa sebanding dengan isu lain seperti politik, hukum dan ekonomi.

Olehnya, untuk pertama kali setelah 20 tahun berdiri, AJI Manado bekerjasama dengan PT Tirta Investama (Aqua-Danone) menerbitkan buku Bayang-Bayang Degradasi: Kumpulan Karya Jurnalistik Jurnalis Manado, yang diluncurkan, Rabu (21/2/2018) di pabrik Aqua Airmadidi.

Peluncuran buku tersebut disaksikan Asisten II Pemkab Minut Drs Allan Mingkid mewakili Bupati Minut Vonnie Anneke Panambunan, East Region External Communication Manager Danone Indonesia Rony Rusdiansyah, Plant Manager Tirta Investama Airmadidi Obrin Sualang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tieneke Rarung, Kepala Humas Relation PT Tirta Investama Airmadidi Iman, Manager HRD PT Tirta Investama Bonifacius Dumanauw, Ketua AJI Manado Yoseph Ikanubun, Budhy Nurgianto selaku penyunting buku, serta pegawai PT Tirta Investama Airmadidi dan pengurus serta anggota AJI Manado. "Buku ini memang sederhana tapi punya nilai yang sangat berarti bagi AJI Manado. Terima kasih kepada kawan-kawan AJI Manado yang sudah memberikan dukungan untuk penerbitan buku ini. Kepada PT Tirta Investama Aqua Airmadidi yang selama ini menjadi mitra kami dan menyokong penuh penerbitan buku ini. AJI Manado sepaham dengan Aqua untuk terus bergerak melestarikan lingkungan," ujar Ikanubun.

Plant Manager Tirta Investama Airmadidi Obrin Sualang menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini dan berharap buku Bayang-Bayang Degradasi bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat untuk meningkatkan kepedulian tentang lingkungan hidup. "Data-data di dalam buku bisa diekspose ke publik sehingga mengundang pihak swasta yang lain untuk ikut terlibat menjaga lingkungan," harap Sualang.

Apresiasi yang sama disampaikan Asisten II Pemkab Minut Drs Allan Mingkid. "Kami ucapkan selamat atas kolaborasi manis dari AJI dan PT Tirta Investama dan kami berharap bisa dilakukan juga oleh perusahaan lain di Minut. Kami melihat anggota AJI Manado sudah melakukan tugasnya sebagai jurnalis yang mengeban tanggungjawab sosial kemasyarakatan," ujar Mingkid.
Kegiatan peluncuran buku Bayang-Bayang Degradasi diawali dengan workshop tentang lingkungan oleh pimpinan dan karyawan PT Tirta Investama Airmadidi.

Penulis: Zulkifly Madina

Posting Komentar

picture#YOUR_PROFILE_PICTURE_URL} Kabar Manado adalah pusat informasi Berita terkini seputar Sulawesi utara {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.